Selasa, 14 Februari 2012

Valentine Day itu apa sih?

Assalamu'alaikum wr.wb

Kawan kawanku sekalian yang sangat aku cintai, hari ini, Selasa 14 Februari 2012 untuk pertama kalinya di bulan ini aku mau nulis lagi. Kali ini kita akan membahas mengenai valentine day atau hari valentine atau hari kasih sayang...

Sebenarnya sampai sekarang aku juga bingung apa itu hari kasih sayang yang selama ini digembor gemborkan orang setiap tanggal 14 Februari, dimana saja.. Di Mall, di sekolah, di kampus, dimana saja.. Paradigma sekarang yang banyak kita temui, banyak sekali pada hari ini, sepasang manusia mengungkapkan perasaan cintanya kepada lawan jenis salah satunya melalui coklat. Mereka bahagia, terlihat gembira.. tak peduli dari latar belakang apapun, termasuk Agama..

Sebenarnya aku adalah orang yang kontra terhadap kebiasaan ini, kebiasaan orang yang tidak mengetahui asal muasal hari valentine ini... Semenjak dulu sampai sekarang Alhamdulillah aku belum pernah merayakan hari ini, apalagi setelah aku tahu hari apakah ini..

Menurut berbagai sumber yang aku rangkum, begini ceritanya,..................

Bila kita lihat ke belakang, Pada tanggal 14 Februari ini,Valentine yang merupakan seorang martir atau santo (orang suci) dibunuh karena pertentangannya dengan raja Claudius II. Untuk mengagungkan kematiannya, para pengikutnya kemudian memperingati kematian St. Valentine dengan "upacara keagamaan". Tapi setelah berabad-abad, upacara tersebut mulai menghilang, dan untuk menjaga agar tetap berlangsung, hari tersebut digabungkan dengan hari kasih sayang bangsa romawi "supercalis" pada tanggal 15 Februari. Ditambah lagi adanya persamaan antara Valentine dengan Galentine pada bahasa Perancis Normandia yang berarti galant atau cinta.
"The Encyclopedia Britania, Vol. 12 Sub judul : Christianity, menuliskan : “Agar lebih mendekatkan lagi kepada ajaran Kristen, pada tahun 496 M Paus Gelasius I menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi hari perayaan gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati St. Valentine yang meninggal pada tanggal 14 Februari.”

Selain itu, sebenarnya ada cerita yang lebih menyedihkan di tanggal 14 Februari ini, karena sesungguhnya, tanggal 14 Februari 1492 merupakan tanggal runtuhnya kerajaan Islam di Andalusia Spanyol. Pada hari itu pendeta mengumumkan bahwa hari itu adalah hari kasih sayang karena pada tanggal itu, kerajaan Islam di Andalusia berhasil diruntuhkan.. Banyak umat muslim yang diusir dari negerinya, banyak dipaksa untuk pindah agama atau jika tidak akan dibunuh..

Maka sudah selayaknya bagiku dan mungkin kawan kawan untuk seyogyanya tidak merayakan hari ini, karena mengandung latar belakang yang memilukan.. hehehe, NB: aku nulis ini gak karena ngiri sama yang pada ngerayain lho yaaa, xixixixi 
\(*^▽^*)/ 

Terima kasih sudah berkenan untuk membaca blog saya, apabila terdapat kata kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum wr.wb 
^( '‿' )^ 

Sumber dan sebagai Referensi lebih lanjut, yang lebih lengkap:  
  1. http://islamic-center.or.id/khasanah/sharing-peradaban/dunia-jurnalistik-islam/316-runtuhnya-kejayaan-islam-di-andalusia.html
  2. http://tanbihul_ghafilin.tripod.com/valentineday.htm
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Valentine
  4. http://mymoen.wordpress.com/2010/02/12/sejarah-valentine-day-dan-hukum-merayakannya-dalam-islam/
  5. http://lintasfacebook.blogspot.com/2011/02/sejarah-hari-velentine-wajib-anda.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar