Kamis, 17 Mei 2012

Hikmah Dibalik Film HOOK


Wuuuuu, horeee



Selalu ada hikmah di balik sebuah kisah, kata kata itu memang benar adanya.. dan aku temukan hikmah itu dalam film yang baru aku tonton, Hook !!!!!!!


Film ini memang bisa dibilang sudah cukup berumur, namun tetap bagus cerita di dalamnya. Dalam penggalan film Hook dikisahkan bahwa Peterpan sudah tumbuh menjadi pria dewasa setelah meninggalkan Neverland dan memiliki anak. Di dalam film ini dikisahkan bahwa Peterpan lupa siapa dirinya dan hanya ingat bahwa dia bernama Peter. Kemudian dia ditangkap oleh kapten Hook yang menangkap kedua anaknya. Peterpan diminta menyelamatkan anaknya dengan terbang ke atas tiang kapal. Namun karena dia lupa akhirnya dia memanjat menaiki tiang dan nyaris jatuh sehingga Kapten Hook pun meragukan apakah dia Peterpan atau bukan. Walaupun saat menyelamatkan anaknya, dia kemudian jatuh ke laut karena tidak bisa terbang dan kemudian ditolong oleh puteri duyung yang mengantarkannya sampai ke Neverland.

Kemudian oleh bantuan peri Tinkerbell, Peterpan pun memulai kehidupan berbeda dengan teman temannya yang lain disana yang masih tetap tampak muda. Dia pun tidak bisa melihat makanan yang anak anak di tempat itu melihatnya. Singkat cerita karena saling menghina dengan Rufio dengan rasa senangnya, akhirnya imajinasinya pun kembali, dia bisa melihat segalanya yang sebelumnya tidak bisa dilihat.

Kemudian, Peterpan menemukan suatu ruangan yang dulunya ternyata kamar Wendy yang di dalamnya ternyata ada Tinkerbell yang menyambutnya. Perlahan dia mulai ingat hal hal dimasa lalunya, seperti orang tuanya, kawan kawannya, dan lain lain. Hal yang membuatnya kembali menjadi Peterpan adalah saat ia merasakan kebahagiaan / kesenangan yang amat sangat yaitu perasaan menjadi seorang Ayah dan memiliki anak. Tanpa disadari kelarutan dia dalam kesenangan itulah yang membuatnya tidak sadar bahwa dia sedang terbang dan akhirnya kembali menjadi Peterpan walaupun tetap dalam tubuh dewasanya. 

Dari cerita ini, ternyata Peterpan menjadi tua karena dia kehilangan kesenangannya dan keinginannya untuk menjadi Ayah. Karena saat dia berkunjung ke rumah Wendy setiap tahunnya, Peterpan masih tetap muda sedangkan Wendy bertambah tua dan telah memiliki cucu. Kemudian peterpan mencium cucu Wendy. Tanpa disadari kemampuannya berkurang dan akhirnya menghilang sementara serta bertambah tua dan menjadi dewasa karena ia kehilangan kesenangannya.
Oleh karena itu banyak orang tua berkata, kalau suatu hal dipikir terus menerus bisa menyebabkan kita jadi tua... hehe. 

Dan di ending film Hook ini Peterpan mengatakan sebuah quote yang sangat bagus yaitu:
"Hidup merupakan sebuah petualangan yang besar"
Maka yang bisa dipetik olehku dari cerita ini adalah...
"Nikmatilah hidup dengan gembira, walau kita akan bertambah usia dan bertambah tua.. namun sesungguhnya di dalam jiwa kita akan selalu tampak muda. Dan lakukanlah segala sesuatu yang ada dengan penuh kesenangan. Karena dengan kesenangan, semua pekerjaan yang kita lakukan akan berasa lebih mudah dan menyenangkan. Sehingga kita akan merasa seperti terbang bebas seperti Peterpan saat melakukannya."
Semoga film ini dapat diambil hikmahnya oleh pembaca semua, hehehe ( jangan jangan aku doang nih yang baca, hehe )
"Oke, tetap Ceria tetap Gembira, nikmatilah hidupmu maka kau akan muda selalu."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar