Jumat, 25 Mei 2012

Kapten Kapal


Pas ngelamun kok kepikirkan sebuah kisah karangan ya??..

Begini....


Tahukah Anda pentingnya seorang pemimpin? Seorang pemimpin (menurut saya) mungkin bisa di deskripsikan seperti cerita saya di bawah ini.

Ada sebuah kapal yang berlayar ke tengah samudera luas. DI dalam kapal tersebut ada seorang Kapten kapal yang bertindak sebagai pemimpin, navigator, kru kapal dan para Anak Buah Kapal (ABK). Di dalam sebuah pelayaran terdapat banyak sekali ombak, angin kencang, badai dan mungkin adanya bebatuan karang yang mengganggu. Suatu saat bukan tidak mungkin kapal  akan diterjang oleh hal hal tadi. 


Coba Anda bayangkan apabila Seorang Kapten kapal bertindak sendiri, mengambil keputusan dan segalanya dengan sendirinya tanpa pertimbangan pertimbangan dari bawahannya yaitu navigator, kru dan awak yang lainnya. Saat diterjang badai, ia bertindak sendiri tanpa pertimbangan yang lainnya seperti navigator dan awak.. apa yang terjadi? kemungkinan besar kapal tersebut akan karam dan mungkin dicari cari oleh tim SAR gara gara karam atau mungkin akan jadi kapal yang legendaris karena kabarnya yang misterius karena karam atau kemudian ketemu dan dimasukkan museum kapal..



Coba juga Anda bayangkan apabila dalam kapal, saat keadaan darurat Kapten kapal seolah olah sedang tertidur tanpa memperhatikan bahaya yang sedang menerpa kapalnya? sibuk dengan boneka barbie.nya? sehingga tanpa koordinasi dengan yang lain yang mengakibatkan kapal juga tenggelam karena pada dasarnya kru kapal yang lain akan melaksanakan apa saja perintah kapten kapal? karena kaptenlah yang memegang penuh kuasa kapal.. sehingga kapal juga karam?


Atau saat bahaya terjadi dan kapten tidak juga memutuskan apapun, sehingga kru lainnya saling berdiskusi sendiri dan akhirnya memutuskan hal yang terbaik untuk kapal itu sehingga kapal itu tidak karam? yang dalam hal ini bisa disebut pemberontakan dalam kapal dikarenakan ketidaksiapan dan ketidaksigapan seorang kapten kapal?

Silahkan Anda sebagai Kapten boleh memilih situasi mana saja pada kapal Anda..


Seorang pemimpin dalam pengertian saya adalah seorang yang memiliki wewenang dan tanggung jawab penuh terhadap apa yang dipimpinnya. Seorang pemimpin hendaknya bijaksana dalam hal apapun, pemimpin hendaknya mendengar dan mempertimbangkan pendapat bawahan/anak buahnya dengan cerdas, cekatan, sigap. Karena pemimpin yang demokratis, menghargai semua itulah yang terbaik. Mana yang baik? Kapten kapal yang sesuka hatinya mengurus semua dengan sendiri? atau Kapten kapal yang berkoordinasi dengan yang lain? 


Tentulah Kapten kapal yang selalu berkoordinasi dengan yang lain, menanyakan pendapat tentang kapal tersebut apakah layak? bagaimana kondisinya? bagaimana cuacanya? dan keadaan keadaan lain, sehingga kapal dan segala isinya aman. 
Koordinasi sangat diperlukan dalam hal apapun. Sehingga awak kapal tidak kebingungan dan  akhirnya karam bersama kapal tersebut diakibatkan karena Kapten yang semena mena, sok pintar, sok hebat dan masa bodoh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar