Selasa, 16 Agustus 2011

Penaklukan Andalusia (Part 1)


nah teman2, aku sebenarnya bingung nih mau posting apa berhubung udah lama aku gak nulis di blog, ya akhirnya aku tulis deh postingan kali ini yang diambil dari berbagai sumber..
bismillah, 

Spanyol dulunya lebih dikenal dengan nama Andalusia oleh bangsa arab merujuk pada kebiasaan masyarakatnya yang masih primitif jika dibandingkan dengan masyarakat islam yang telah mencapai puncak kemajuan pada masa bani umayyah. Wilayah ini sebelumnya berada pada wilayah kekuasaan bangsa romawi yang kemudian ditaklukkan oleh bangsa Vandal pada abad ke 5 M.
Kemudian bangsa Vandal melarikan diri ke wilayah Afrika Utara setelah dikalahkan oleh bangsa Gothic, tepatnya di wilayah kepulauan kecil yaitu pulau Ceuta. Disanalah seseorang bangsawan yang bernama De Graff Julian mempertahankan kekuasaan dari serangan raja Roderic. Keinginan Julian untuk membebaskan diri itulah yang membuat dirinya meminta bantuan kepada Musa ibn Nusair, seorang gubernur Bani Umayyah di Afrika Utara. Setelah mendengar permohonan Julian, Musa ibn Musair meminta persetujuan khalifah al-Walid Ibn Abdul Malik yang kemudian segera disetujui. Tahun 9H/710M dikirimlah utusan bernama Tharif Ibn Malik yang dibantu Julian menuju Andalusia untuk melakukan ekspedisi. Singkat cerita, untuk mempermudah usaha itu, Khalifah al-Wahid mengirimkan tentara sebanyak 5000 orang terdiri dari 4000 tentara biasa dan 1000 pasukan berkuda ditambah pasukan Musa Ibn Nushair sejumlah 200- tentara sehingga menjadi 7000 tentara. sementara Julian membantu berupa perahu untuk menyeberangi selat mediterania. Pasukan Thariq berhasil menyeberangi selat dan mendarat di bukit bebatuan (Gilbraltar) atau jabal thariq

Roderick sangat terkejut mendengar pasukan Islam telah sampai di Selat Gilbraltar. Roderick kemudian mengirimkan sekitar 100.000 pasukannya menuju selatan Andalusia untuk menyambut kedatangan tentara Islam, namun hal itu tidak menciutkan hati Thariq ibn Ziyad dan pasukannya. Karena jumlah tidak sebanding, Thariq meinta tambahan pasukan kepada Musa Ibn Nushair dan disanggupi dengan tambahan 5000 orang sehingga menjadi 12.000 orang. Thariq meneruskan serangan ke wilayah utara Andalusia dan kedua pasukan bertemu di sungai kecil yang akhirnya dimenangkan oleh pasukan Thariq. Roderick terbunuh dalam peperangan itu dan pasukannya menjadi tawanan perang.  Kemudian Thariq membagi pasukan menjadi tiga resimen yang ia sebarkan ke seluruh Siberia sehingga akhirnya hampir seluruh Andalusoa ditaklukan. Dengan demikian agama Islam akhirnya masuk ke Eropa lebih tepatnya Andalusia/Spanyol kurang lebih selama 8 abad lamanya yaitu tahun 711M - 1492M.

Musa Ibn Nushair menyambut gembira atas kemenangan yang dipimpin Thariq Ibn Ziyad, maka Musa Ibn Nushair mempersiapkan sekitar 18.000 pasukan guna membantu Thariq. Akhirnya pasukan Islam berhasil merebut Carmona kemudian Sevilla direbut dari tangan orang gothic. Orang gothic kemudian banyak melarikan diri ke Toledo dan akhirnya Toledo dikuasai Musa Ibn Nushair dan pasukannya, tidak hanya sampai disitu, Musa dan pasukannya terus melakukan penyerangan sampai berhasil menaklukan Barcelona, Candiz, Calica sampai ke selatan Perancis. Namun ditengah perjalanan Musa Ibn Nushair diperintahkan kembali ke Damaskus oleh Khalifah Walid Ibn Abdul Malik. Hanya saja sesampainya di Damaskus Khalifaj Walid Ibn Abdul Malik telah wafat kemudian Musa Ibn Nushair pun wafat. Sebelum Musa Ibn Nushair meninggalkan Andalusia, ia telah meminta Abdul Aziz Ibn Musa Ibn Nushair untuk menggantikan posisinya. Berdasarkan tugas itu ia kemudian mengeluarkan beberapa kebijakan diantaranya menurunkan pajak, toleransi beragama, menghapuskan diskriminasi karena ras dan agama, memberikan perlindungan hukum kepada rakyat dan menjamin keamanan serta kesejahteraan selain perlindungan terhadap benda dan jiwa mereka. Beberapa kebijakan yang dikeluarkan Abdul Aziz ini menimbulkan simpati rakyat, sehingga banyak yang memeluk Islam.

>> Diambil dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar